Search
  • Innovative Academy

Innovative Academy Menerima 11 Startup Binaan Baru



Program penggalakan bisnis rintisan berbasis teknologi, Gerakan Nasional 1000 Startup Digital di D.I. Yogyakarta memasuki tahap inkubasi. (16/10)


Setelah melalui tahap seleksi Ignition, Networking, Workshop, Hacksprint, dan Bootcamp, 11 startup dengan ide, model bisnis, dan perkembangan yang matang  dari Gerakan Nasional 1000 Startup Digital  akan segera memasuki tahap inkubasi. Tahap ini merupakan tahap yang lebih intense bagi para startup untuk merealisasikan idenya.


Direktur Pengembangan Usaha dan Inkubasi Universitas Gadjah Mada, Dr. Hargo Utomo, M.B.A., M.Com., mengatakan tahap ini merupakan awal dari sebuah marathon untuk mengembangkan startup berbasis kampus. “Ini adalah tahapan untuk kita menapak menjadi startup unicorn. Tugas saya adalah sebagai pendamping selama inkubasi” imbuhnya.


Program inkubasi Innovative Academy yang sudah memasuki tahun ke 6 ini diharapkan menjadi wadah bagi para startup untuk membuat Inovasi yang sustainable. “Jangan berpikir ide yang kalian buat adalah ide yang finish, selalu perbaharui ide. Kalian menjadi upaya bersama lintas kementrian lintas kepentingan untuk satu tujuan Indonesia. Jangan pernah takut untuk menyempurnakan dan menjadi lebih baik” imbuh Dr. Hargo dalam sambutannya.


Tahap ini juga menjadi ajang yang lebih serius bagi 11 startup yang masuk ke tahap ini, Menurut keterangan Sebastian Alex Dharmawangsa, Project Manager Gerakan Nasional 1000 Startup Digital (D.I. Yogyakarta) sekaligus Head of Program Innovative Academy tahap ini akan lebih serius dari tahap selanjutnya. “Jika kemarin sudah sulit, maka pada tahap inkubasi akan lebih sulit lagi. Setiap minggu teman-teman akan ditemukan mentoring tiga kali” tambahnya.


Acara ini  dibuka oleh Kepala Sekolah Tinggi Multi Media (Badan Litbang Sumber Daya Manusia), Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, Ir. Noor Iza, M.Sc., menurutnya 1000 startup bukan hanya program dari KOMINFO. “Program ini bukan hanya menjadi milik Kementerian KOMINFO saja. Innovative Academy, Universitas Gadjah Mada, KIBAR, dan mitra-mitra lainnya pun akan ambil andil membimbing ide startup-startup.” tambahnya.


Bagi startup yang berhasil melewati tahap inkubasi dan sudah mampu  menembus pasar akan masuk tahap akselerasi oleh PT. Gama Inovasi Berdikari selaku holding dari startup-startup dibawah Universitas Gadjah Mada.


Menurut Direktur PT. Gama Inovasi Berdikari, Triasmono, tim dari 1000 startup akan mendapat golden tiket untuk masuk ke program akselerasi, “Selama proses akselerasi akan lebih banyak mematangkan bisnis, legal, dan finance-nya” imbuhnya.

0 views

Innovative Academy

Universitas Gadjah Mada

Innovative Academy HUB
Jl. Bulaksumur H6, Universitas Gadjah Mada

(0274) 6492599

©2019 by Direktorat Pengembangan Usaha dan Inkubasi - Universitas Gadjah Mada